Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Hari Kartini

 Kamis, 21 April 2022

    Raden Adjeng Kartini atau lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Raden Ajeng Kartini, sebenarnya adalah seorang wanita keturunan priyayi atau kelas bangsawan Jawa. Dimana Ayahnya, Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat adalah seorang Bupati Jepara, yang memperistri bernama MA Ngasirah. Raden Ajeng Kartini, dikenal dan dikenang sebagai pahlawan wanita, karena jasanya di bidang pendidikan.

    Raden Ajeng Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan telah dinobatkan sebagai pahlawan perempuan atau wanita.Selain menjadi pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan pahlawan perempuan indonesia, beliau juga telah berhasil mendirikan sekolah wanita di daerah Jawa Tengah, Raden Ajeng Kartini juga, pernah mendapatkan beasiswa di Negara Belanda, yang didapatkannya juga dari Parlemen Belanda. Raden Ajeng Kartini, wafat pada 17 September 1904 pada usia 25 tahun. Dan kini makamnya berada di Desa Bulu, Rembang, Jawa Tengah.

Maka dari itu SD Negeri 3 Baluk memperingati Hari Kartini dengan cara mengulas sedikit sejarah Raden Ajeng Kartini dan Menyanyikan Lagu Ibu Kita Kartini bersama Bapak/Ibu Guru, Staf TU, dan Siswa yang di pimpin langsung oleh Bapak Kepala Sekolah.



Bapak Kepala Sekolah memberikan penjelasan sekaligus memperlihatkan Foto Raden Ajeng Kartini

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Kartini"