Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SDN 3 Baluk Melaksanakan Workshop Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan dengan Quizizz

Seorang guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam memimpin pembelajaran di kelasnya. Sebagai pemimpin pembelajaran, tentu guru harus mampu memahami karakteristik setiap anak didiknya dan selalu melakukan inovasi dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Siswa sekolah dasar tentu sangat identik dengan bermain. Bermain merupakan salah satu kebutuhan siswa. Untuk itu, seorang guru harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut dalam pembelajaran. Caranya tentu dengan menerapkan strategi atau media pembelajaran yang dapat menciptakan kondisi siswa belajara sambil bermain, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan.

Salah satu aplikasi berbasis website yang dapat dimanfaatkan adalah Quizizz. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Versi yang gratis sudah cukup digunakan dalam pembelajaran.

Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan Quizizz dalam pembelajaran, maka diadakan Workshop Pembelajaran Interkatif dan Menyenangkan dengan Quizizz. Kegiatan ini merupakan salah satu Program dari Komunitas Praktisi SDN 3 Baluk dan sebagai program Diseminasi TOT Quizizz yang diikuti oleh I Wayan Ardika, S.Pd.


Kegiatan Workshop dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 di SDN 3 Baluk. Kegiatan dilaksanakan dengan moda In dan On. In dilaksanakan di SDN 3 Baluk dan On dilaksanakan melalui Google Classroom dari tanggal 31 Januari s/d 12 Pebruari 2022.

Peserta Workshop

Peserta dalam kegiatan ini melibatkan semua guru yang mengajar di SDN 3 Baluk dan Perwakilan guru kelas tinggi (3,4,5) yang ada di wilayah Desa Baluk. Seluruh peserta berjumlah 20 orang guru.

Seluruh peserta diajak berlatih membuat Kuis dan Presentasi Interaktif dengan Quizizz. Kuis dan presentasi yang telah dibuat kemudian diaplikasi kepada siswa di kelas masing-masing. 

Bagi peserta yang telah mengerjakan semua tugas dan mampu mengaplikasikan Quizizz di kelas masing-masing, maka akan memperoleh sertifikat pelatihan 32 JP yang dapat digunakan untuk menunjang karier guru.

Narasumber Menyajikan Materi

Kegiatan workshop juga dihadiri oleh Pendamping Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak, I Putu Ariawan, M.Pd. Pada saat pembukaan, beliau menyampaikan tentang pentingnya guru untuk mengikuti program guru penggerak untuk mewujudkan merdeka belajar.

Pendamping Pengajar Praktik Memberikan Sambutan

Kegiatan workshop sedianya dibuka oleh Bapak Pengawas Pembina Gugus V, I Gede Sumertha, S.Pd., tetapi karena ada acara yang sama pentingnya, maka di wakilkan oleh Bapak Kepala SDN 3 Baluk, I Wayan Yama, S.Pd.H untuk membuka acara workshop secara resmi.

Kepala SDN 3 Baluk Memberi Sambutan Sekaligus Membuka Acara Secara Resmi

Untuk dokumentasi kegiatan dapat ditonton pada video berikut!

Demikian yang dapat kami bagikan, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Posting Komentar untuk "SDN 3 Baluk Melaksanakan Workshop Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan dengan Quizizz"